Minggu, 09 September 2012


Analisis Ulangan Harian Soal Iraian dengan Menggunakan Microsoft Excel

Download Disini 

Mulai jaman dulu sampai saat ini analisis ulangan harian adalah sesuatu hal yang harus dilakukan oleh para pengajar untuk mengetahui sejauh mana ketuntasan belajar siswa, kualitas soal yang dibuat dan sebagai bahan evaluasi bagi guru untuk ulangan harian yang akan datang. Namun terkadang kita akan dipusingkan dengan sebuah hitungan analisis yang begitu banyaknya. Ujung-ujungnya waktu habis hanya untuk membuat satu analisis ulangan harian, padahal ulangan harian berikutnya sudah ada di depan mata. Diduga karena kepusingan dan latar belakang inilah, maka beberapa oknum guru mendatangi  para ‘penjahit’ analisis ulangan harian untuk membuatkan printout ulangan harian tanpa tahu dari mana asal usulnya.
Dari sini saya mencoba membantu kepada bapak ibu guru untuk membuat analisis ulangan harian sendiri, khususnya untuk model soal uraian. Saya mencoba membuat program yang sangat sederhana dalam microsoft excel. Untuk sementara saya hanya menyediakan maksimal untuk 20 butir soal uraian, namun apabila bapak ibu menghendaki jumlah soal dibawah 20  maka tidak menjadi masalah. Selanjutnya Bapak ibu tinggal mengisi form data (daerah warna hijau), nama siswa, dan nilai per item soal, maka 13 item informasi tentang analisis ulangan harian akan muncul dengan sendirinya dengan cara dicetak pada kertas ukuran F4 atau folio (21,5 X 33 cm / 8.5 X 13 inchi) pada orientation landscape. Adapun 13 item informasi yang dapat anda terima dari entri data analisis ini adalah sebagai berikut:
1.      Nilai Total Siswa
2.      Ranking siswa
3.      Keterangan ketuntasan belajar ( remidi, pengayaan atau sesuai KKM) beserta jumlah siswanya
4.      Presentase siswa yang menjawab benar tiap soal
5.      Ketercapaian butir soal
6.      Tingkat kesukaran soal beserta keterangannya
7.      Daya pembeda  beserta keterangannya
8.      Berita acara remidi siswa
9.      Berita acara pengayaan siswa
10.  Diagram ketuntasan tiap nomor soal
11.  Diagram presentase siswa yang mengikuti remidi, pengayaan dan sesuai KKM
12.  Uraian hasil analisis ulangan harian secara umum
13.  Cover analisis ulangan harian
Sehingga bapak ibu guru tinggal bendel semua analisis. Selanjutnya saya tuliskan langkah-langkah entri data pada program ini, yaitu sebagai berikut:
1.      Pastikan page layout microsoft excel anda berukuran kertas F4 atau folio (21.5 cm X 33 cm) atau (8.5 inchi X 13 inchi) dengan orientation landscape.
2.      Isikan data-data pada daerah yang berlatar belakang hijau (silakan isi pada font yang berwarna oranye seperti yang sudah saya contohkan pada file excel)
3.      Apabila anda ingin mengosongkan salah satu item isian pada daerah warna hijau maka anda hanya tinggal mengetik ‘- pada keyboard anda.
4.      Isikan data siswa mulai dari NIS, Nama dan Jenis kelamin (harus diisi karena menjadi dasar penjumlahan data siswa).
5.      Isikan nilai hasil siswa per item soal
6.      Lakukan pencetakan dengan printer, sediakan kurang lebih 10 lembar kertas untuk melakukan satu kali proses pencetakan
7.      Selesai
8.      Selamat mencoba
Saya yakin dan percaya bahwa program sederhana yang saya buat jauh dari kata sempurna, oleh karena itu saran dan kritik saya harapkan pada blog ini. Anda dapat mendownload gratis file program excel analisis ulangan harian untuk soal uraian disini! File tersebut dapat dibuka dengan password : tata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar