Minggu, 30 November 2014

Program Penulisan Rapor SMK Menggunakan Excel



Ujian Akhir semester telah tiba. Koreksi dan evaluasi hasil ujian peserta didik akan menumpuk di depan mata. Wali kelaspun bersiap dengan segala daya dan upaya. Untuk menulis rapor para peserta didiknya. Dapat dibayangkan betapa banyaknya dokumen yang harus disiapkan dan dituliskan pada rapor. Namun, tidak usah dipikirkan dan di bayangkan terlalu berat, karena format rapor kurikulum 2013 memungkinkan kita untuk melibatkan komputer sebagai alat eksekusinya. Sehingga acara tulis menulis rapor secara manual semakin ditinggalkan. Pada kesempatan ini, penulis mencoba untuk men share kan aplikasi penulisan rapor untuk SMK atau SMA yang telah disesuaikan dengan pemberlakuan kurikulum 2013. Aplikasi ini menggunakan program yang tidak asing lagi bagi guru dan terdapat hampir di semua instansi sekolah, yaitu Microsoft Excel. File aplikasi ini bisa anda download secara gratis disini .
PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI
A. Petunjuk Umum
1. Data yang akan dicetak menggunakan kertas ukuran A4 dengan margin kanan, kiri, atas, bawah selebar 2 cm
2. Pada sheet DATA UMUM, harap dilengkapi, karena data yang diisi akan merubah data-data yang ada pada sheet-sheet yang lain.
3. Aplikasi ini dapat digunakan untuk tingkat SMA dan SMK dengan jumlah kelas dan jurusan maksimal 60 kelas
4. Aplikasi ini dapat digunakan untuk tingkat SMA dan SMK dengan jumlah peserta didik  maksimal per tingkat adalah 600 peserta didik (kelas X = 600, kelas XI = 600, kelas XII = 600)
5. Jumlah peserta didik pada tiap kelasnya maksimal 45 orang
B. Petunjuk Khusus
Urut-urutan proses kerja adalah sebagai berikut:
1. Mengisi sheet DATA UMUM pada daerah tabel berwarna abu-abu, untuk pengisian kode kelas, apabila terdapat lebih dari satu kelas yang sama, maka ditambahi dengan digit angka. Contoh : jika ada 2 kelas MM, maka pada kode kelas ditulis MM1 dan MM2
2. Mengisi sheet DATA KELAS X, pengisian data ini digunakan untuk lembar cover data peserta didik, sehingga dianjurkan pengisisan sheet ini harus lengkap, jika data tidak ada,maka isilah tabel isian dengan karakter petik dan karakter negatif . Contoh : '-
3. Mengisi sheet DATA KELAS XI, pengisian data ini digunakan untuk lembar cover data peserta didik, sehingga dianjurkan pengisisan sheet ini harus lengkap, jika data tidak ada,maka isilah tabel isian dengan karakter petik dan karakter negatif . Contoh : '-
4. Mengisi sheet DATA KELAS XII, pengisian data ini digunakan untuk lembar cover data peserta didik, sehingga dianjurkan pengisisan sheet ini harus lengkap, jika data tidak ada,maka isilah tabel isian dengan karakter petik dan karakter negatif . Contoh : '-
5. Mengisi sheet DATA GURU MAPEL. Sebelum mengisi nama guru, isi dan sesuaikan nama mata pelajaran yang dilaksanakan di sekolah anda.  jika data tidak ada,maka isilah tabel isian dengan karakter petik dan karakter negatif . Contoh : '-
Isikan nama guru lengkap dengan gelar dengan format ketik : Nama Guru : XXXXXXX. Apabila tabel nama guru kosong maka isilah tabel isian dengan karakter petik dan karakter negatif . Contoh : '-
6. Mengisi sheet DATA DESKRIPSI MAPEL. Isikan deskripsi pada kolom yang memiliki huruf warna hitam.
7. Mengisi sheet DATA WALI KELAS. Anda hanya mengisikan nama guru lengkap dengan gelar dan mengisikan NIP. Apabila NIP tidak ada, anda cukup mengetikkan tanda petik dan negatif ( contoh: "- )
8. Mengisikan sheet LEGER. Leger terdiri dari 3 aspek nilai yaitu : aspek Pengetahuan (rentang nilai 0 - 100), aspek keterampilan (rentang nilai 0 - 100), dan aspek sikap (rentang nilai 1 - 4)
9. Mencetak sheet COVER 1. Pada sheet ini, anda dapat menyesuaikan logo pada sekolah anda. Untuk mengubah data, cukup mengisikan absensi, tingkat kelas ( X, XI, XII) dan kode kelasnya. Tingkat kelas dan kode kelas wajib diisi karena berpengaruh pada data siswa pada rapor serta nama wali kelasnya.
10. Mencetak sheet COVER 2. Pada sheet ini, untuk mencetak cover raor secara umum. Ukuran kertas pencetakannya adalah kertas A4
11. Mencetak sheet IDENTITAS PESERTA DIDIK. Untuk mengubah data, cukup mengisikan absensi, tingkat kelas ( X, XI, XII) dan kode kelasnya. Tingkat kelas dan kode kelas wajib diisi karena berpengaruh pada data siswa pada rapor serta nama wali kelasnya.
12. Mencetak sheet RAPOR (NILAI). Untuk mengubah data, cukup mengisikan absensi peserta didik
13. Mencetak sheet RAPOR (DESKRIPSI). Untuk mengubah data, cukup mengisikan absensi peserta didik
14. Mencetak TANDA TERIMA RAPOR. Halaman ini untuk mencetak tanda terima rapor pada saat pembagian rapor. Pada halaman ini terdapat rekap aspek nilai yang terdiri dari: Nilai P (Pengetahuan), K (Keterampilan), dan S (Sikap), serta rekap ranking peserta didik. Untuk mencetak halaman ini, diperlukan kertas ukuran Folio (F4) atau bisa kertas ukuran Legal
15. Aplikasi ini memerlukan pengembangan lebih lanjut. Kritik dan saran sangat kami harapkan. Email: cheniedesign@yahoo.com
16. Apabila file excel ini terdapat kerusakan, anda dapat mendownload kembali secara gratis pada blog: hasan-al-asyari.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar